IPOST Quick Guide

PT. Infotech and Communications Solutions adalah perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa pengiriman dari luar negeri ke Indonesia dan juga pengiriman domestik. Selanjutnya di sebut dengan iPOST.

Layanan yang kami berikan ;

Mulai menggunakan jasa iPOST

  1. Daftar akun di Website kami atau aplikasi di handphone mu.
  2. Mulai berbelanja – Dapatkan alamat Gudang iPOST di luar negeri, kode marking dan kirim paket pesanan Anda ke alamat tersebut
  3. Pembayaran – Lakukan pembayaran menggunakan opsi yang telah kami sediakan
  4. Pengiriman – Paket Anda akan dikirimkan ke alamat domestik tujuan
    NB : Perlu diingatkan tidak diperbolehkan untuk melakukan pembatalan ketika pesanan berlangsung. Paket tanpa marking kode yang jelas tidak akan kami proses.

Daftar Akun Anda

  1. Daftar menggunakan nomor telepon dan alamat email
  2. iPOST juga tersedia di Playstore dan Appstore

Gudang Luar Negeri
Gunakan alamat dan kode unik Anda untuk berbelanja di e-commerce luar negeri

Check out pesanan anda

  1. Setelah Paket pesanan anda kami terima
  2. Silahkan isi detail pesanan anda

Pembayaran
Pembayaran bisa dilakukan menggunakan Virtual Account atau Manual Transfer.

Pengiriman Paket
Paket pesanan Anda akan dikirimkan ke alamat domestik Anda atau di self pick up di gudang kami.

Sebelum melakukan transaksi disitus luar
Pengiriman internasional pada umumnya melalui banyak penanganan dan pengecekan, maka risiko kerusakan pada paket pesanan tersebut ada. Perlu diingatkan untuk berkomunikasi dengan Pihak Penjual agar melakukan packing yang berstandar pengiriman internasional. Garansi pada paket pesanan luar negeri mungkin saja tidak berlaku di Indonesia.

Barang lartas
iPOST tunduk pada peraturan Pihak Berwenang, kami menolak barang yang dilarang dan dibatasi oleh pemerintah, lebih lengkap bisa dicek di https://intr.insw.go.id/ bagian lartas, secara umum beberapa barang yang sering ditanyakan adalah sebagai berikut.

Kode marking

Perlu di ingatkan, setiap paket yang di kirimkan ke gudang, harus di sertakan dengan kode marking masing-masing user untuk menghilangkan resiko paket hilang ataupun tercampur dengan paket lain. Jika terjadi kehilangan dikarenakan tidak adanya kode marking iPOST tidak dapat bertanggung jawab.

Barang yang TIDAK BISA dikirim menggunakan jasa IPOST (China, Singapore ke Indonesia).

  1. Alkohol : Pihak Berwenang melarang minuman yang mengandung alkohol dan sejenisnya
  2. Senapan : Berdasarkan peraturan pemerintah
  3. Airsoft Gun : Berdasarkan peraturan pemerintah
  4. Pedang : Berdasarakan peraturan pemerintah
  5. Bahan Peledak : Berdasarkan peraturan pemerintah
  6. Hewan : Karena harus dikarantina dulu, dan pengurusannya memakan waktu lama.
  7. Tumbuhan : Regulasi pengurusan lama
  8. Baterai (>20.000Mah) : Litium berbahaya bagi penerbangan, dapat mengganggu sinyal penerbangan.
  9. Makanan basah / fresh : Resiko kerusakan pada makanan tersebut

Pembagian paket pesanan
Perlu di ketahui, Apakah penjual melakukan pembagian paket per pesanan. Contoh: 1 Set Figur IRONMAN di kirim melalui 2 paket kiriman. Maka pelanggan harus mengirimkan 2 resi nomor ke pihak IPOST.

Barang sensitif di paket pesanan
Perlu di ingatkan kepada Pihak Penjual untuk tidak memberikan / mencantumkan hadiah-hadiah kecil berupa gula, baterai dan lain-lain. Dikarenakan bisa mengganggu pengiriman dan apabila terjadi, maka akan adanya biaya admin tambahan untuk pelanggan.

Tarif dan waktu pengiriman
Gudang kami di China berada pada Provinsi Guang Zhou, Di mana merupakan provinsi yang paling banyak (90%) penjual Taobao berada.

Tarif pengiriman

  1. Singapura - Batam (Rp 30.000/KG)
    * Minimal 1KG
    * 2-4 Hari kerja
    * Belum termasuk Pajak
  2. Singapura - Indonesia(Rp 30.000/KG)
    * Minimal 1KG
    * 5-7 Hari kerja
    * Belum termasuk biaya pengiriman domestik dan Pajak
  3. China - Batam (Rp 18.000/KG)
    * Minimal 2KG
    * 21-30 Hari kerja
    * Belum termasuk Pajak
  4. China - Indonesia (Rp 18.000/KG)
    * Minimal 2KG
    * 30-33 Hari kerja
    * Belum termasuk biaya pengiriman domestik dan Pajak

#Catatan Penting

- Kami akan mematok tarif berdasarkan berat / volume yang lebih berat / besar.
- Hari kerja tidak termasuk Sabtu, Minggu, Hari Libur Nasional dan Hari Libur negara asal.
- Durasi yang tertera di atas tidak termasuk waktu pengiriman dari penjual ke Gudang kami. Pada umumnya waktu yang dibutuhkan adalah 3-7 Hari untuk barang tiba di Gudang China dan 1-2 hari untuk barang tiba di Gudang Singapura.
- Apabila berat barang 2.000-2.290 Gram akan di hitung 2 Kg dan berat jika melebihi 2.290 Gram maka akan di hitung 3 Kg. (berlaku kelipatan)
- Durasi pengiriman yang tertera di atas mempunyai akurasi di atas 95%. Ketertundaan bisa saja terjadi apabila ada faktor yang tidak bisa di prediksi seperti cuaca yang buruk, huru-hara, kebijakan negara asal dan perizinan pihak berwenang.

Berat Volumetrik
Berat aktual adalah berat paket pesanan Ketika sampai di Gudang kami, Kami akan memilih berat aktual / berat volumetrik tergantung pada satuan mana yang lebih besar.
Contoh: Pelanggan mengirimkan bantal dengan berat 500 Gram tetapi mempunyai volume ukuran 30*20*10. Kami akan menggunakan rumus perhitungan berat volumetrik Berikut: 

[ P x L x T ] / 6.000

Maka kami akan membebankan biaya 1kg pada paket pesanan Anda.

Re-Packing
iPOST mempunyai layanan pengepakan ulang untuk Pelanggan yang memerlukan tambahan keamanan untuk paket pesanan nya. Re-packing juga berguna ketika paket di terima di gudang kami dalam keadaan tidak memenuhi standard.

Harga Re-packing :

  • Rp. 50.000 untuk di bawah 10kg
  • Di atas 10kg (tergantung dari dimensi dan volume)

Data Pengguna
Kami akan memberikan layanan terbaik dan pengalaman terbaik untuk anda, dengan beberapa alasan berikut:

  • Rekaman internal
  • Untuk pengembangan pelayanan kami
  • Pengiriman informasi promosi kepada Anda agar Anda mengetahui promo dan diskon khusus yang akan kami berikan
  • Kami tidak akan pernah memberikan informasi para pengguna kepada pihak ke-3 maupun menjual data informasi tersebut.

Kemanan
Kami berkomitmen atas keamanan data pribadi Anda. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami menyimpan data Anda dalam bentuk fisik, elektronik dan sesuai prosedur keamanan yang berlaku.

  • Cookies
  • Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu situs.
  • Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses data lain yang Pengguna miliki di perangkat komputer Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setuju-i untuk disampaikan.
  • Walaupun secara otomatis perangkat komputer Pengguna akan menerima cookies, Pengguna dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Pengguna yaitu dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat membatasi layanan optimal pada saat melakukan akses ke Situs).
  • IPOST menggunakan fitur Google Analytics Demographics and Interest. Data yang kami per-oleh dari fitur tersebut, seperti umur, jenis kelamin, minat Pengguna dan lain-lain, akan kami gunakan untuk pengembangan Situs dan konten IPOST. Jika tidak ingin data Anda terlacak oleh Google Analytics, Anda dapat menonaktifkan di browser Anda
  • IPOST dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten, termasuk di antaranya ialah penyesuaian dan penyajian iklan kepada setiap Pengguna berdasarkan minat atau riwayat kunjungan. Jika Anda tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Anda dapat mengaturnya melalui browser.

Situs lain-lain
Situs kami mungkin ada beberapa tautan yang bisa mengantarkan Anda ke situs lainnya. Tetapi, Ketika Anda sudah meninggalkan situs kami, Anda harus menyadari bahwa kami sudah tidak punya kontrol akses untuk situs tersebut. Dengan begitu, kami tidak bisa bertanggung jawab pada privasi dan keamanan data Anda jika Anda memberikan data ke situs tersebut. Anda harus waspada kepada situs-situs lain dengan mengetahui kebijakan dan privasi situs tersebut.

Gudang luar negeri
Kami memberikan layanan gratis penyimpanan barang di Gudang luar negeri kami sampai dengan 14 hari. Biaya penyimpanan akan dikenakan apabila barang Anda sudah melewati batas 14 hari di Gudang kami. Tarif penyimpanan adalah Rp. 15.000 / hari untuk barang di bawah 18kg dan Rp. 40.000 / hari untuk barang dengan berat 18kg ke atas. Untuk barang pesanan yang telah berada di Gudang kami selama 90 hari, maka barang tersebut sudah  bukan merupakan tanggung jawab pihak kami.

Paket pesanan melewati 90 hari
Kami akan menyingkirkan barang pesanan yang telah di simpan di Gudang kami selama 90 hari tanpa adanya konfirmasi dari Pihak Pemesan. Segala risiko yang terjadi pada barang tersebut adalah di luar tanggung jawab kami.

Kewajiban kami
Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi semua pelanggan kami dengan menggunakan jasa pengiriman yang terpercaya. Dikarenakan pengiriman antar negara dan sering melewati berbagai bea cukai di belahan negara. Dengan memastikan pesanan Anda sampai dengan tepat waktu dan dalam kondisi yang terbaik, maka kami ingin membagikan beberapa saran kepada pelanggan kami:

  • Pelanggan harus teliti dalam memasukkan alamat Gudang kami di negara asal, guna untuk menghindari segala risiko di luar dugaan yang akan terjadi jika alamat yang dimasukkan ternyata tidak benar
  • Pelanggan juga harus secara terbuka dan jujur dalam mengisi kategori barang pesanan. Guna agar pesanan Anda tidak di tahan di bea cukai karena alasan pembedaan kategori aktual dan tercatat. Kami punya wewenang untuk melakukan pengecekan secara acak pada barang pesanan yang menurut kami mencurigakan atau ada-nya potensi pemalsuan kategori barang.
Nilai Barang Pesanan
Sebelum paket pesanan Anda tiba di Gudang luar negeri kami, Anda di wajibkan untuk mengisi nilai harga paket pesanan Anda pada situs kami, Tentu tidak diperbolehkan apabila Anda mengurangi nilai harga pesanan tersebut. Bea cukai mempunyai hak untuk mengecek kebenaran data yang Anda kirimkan, bea cukai bisa mencari dokumen yang bersangkutan untuk pengecekan nilai harga yang seharusnya. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala klaim, kerusakan, kehilangan dan biaya yang timbul apabila terjadi Ketika pengecekan oleh bea cukai atas kelalaian pelanggan.
Barang Yang Dilarang
Semua paket pesanan yang tiba di Gudang kami, akan kami lakukan pengecekan / pemindaian untuk menghindari barang terlarang. Jika paket pesanan terdapat barang yang di larang, maka kami tidak bisa melakukan pengiriman pada barang tersebut. Anda bisa saja bernegosiasi dengan penjual untuk retur atau dikirimkan ke alamat lain. Perlu di ingat, biaya penanganan akan terjadi selama proses berlangsung. Ini merupakan tanggung jawab pelanggan untuk memastikan paket tidak terdapat barang yang di larang. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala risiko yang terjadi Ketika paket pesanan di proses oleh pihak berwenang.
Resiko Kerusakan
Kerusakan yang sering terjadi pada paket pada umumnya disebabkan oleh kesalahan pengepakan oleh penjual, ini merupakan tanggung jawab dari pada pelanggan untuk memastikan pengemasan oleh penjual telah memenuhi syarat pengiriman internasional. Apabila Anda menemukan kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal pada paket, maka Anda harus secepatnya memberikan foto dan video kepada tim CS kami.

Kerusakan yang terjadi pada paket pengiriman, akan di cek oleh tim internal iPOST dan Kompensasi yang di berikan berdasarkan kasus akan di potong pada biaya pengiriman selanjutnya.
Resiko Kehilangan
Ada beberapa faktor di luar kendali kami yang bisa menyebabkan kehilangan paket pesanan seperti, Penjual / Pelanggan salah memasukkan alamat Gudang kami, ataupun salah memasukkan nomor unik logistik negara asal dan barang akan dikirimkan ke alamat lain.

Kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan paket pesanan yang diakibatkan oleh kesalahan Penjual maupun Pelanggan kami.

Apabila kehilangan paket disebabkan oleh kelalaian pihak iPOST maka kompensasai akan di berikan dalam bentuk potongan pada biaya pengiriman berikutnya

Kompensasi
Apabila kerusakan yang terjadi pada paket pesanan terbukti merupakan kesalahan daripada Pihak IPOST, maka kami akan menggantikan kerugian dengan memotong / melakukan diskon pada biaya pengiriman selanjutnya sesuai dengan kesepakatan antara iPOST dan Pengguna

iPOST dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. iPOST menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apa pun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs maupun layanan iPOST  lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi kami.

Segala kebijakan yang tertera di sini telah tunduk dan taat sesuai dengan undang-undang hukum yang berlaku di Indonesia.

Dengan menggunakan layanan kami, Anda dinyatakan menyetujui segala kebijakan Kami. Informasi yang tertera di sini apabila ada pertanyaan, silakan hubungi CS kami

1. Berapa lama estimasi barang saya akan sampai di alamat saya?

  • Singapura – Batam → 2 – 4 Hari
  • China – Batam → 18 – 28 Hari
  • Singapur – Seluruh indonesia, selain batam 5 – 7 Hari
  • China – Seluruh indonesia, selain batam 24 – 30 Hari
  • *Waktu pengiriman tidak termasuk dengan Hari Sabtu, Minggu, Libur Nasional dan Libur negara asal.
  • *Estimasi di atas merupakan jangka waktu dengan keadaan tanpa kendala dan gangguan lain.

2. Faktor apa yang akan mempengaruhi estimasi pengiriman barang?

  • Cuaca
    Cuaca yang ektrim bisa mempengaruhi waktu pengiriman, di karenakan kami memakai kapal dan pesawat terbang dalam pengantaran barang ke alamat tujuan
  • Hari kerja
    Hari kerja tidak termasuk sabtu, minggu dan libur nasional. Jika asal barang dari China / Singapore, maka libur negara asal juga perlu di perhatikan
  • Faktor lain-lain
    Kebijakan pemerintah dan bea cukai bisa mempengaruhi waktu pengiriman

3. Bagaimana saya bisa tahu kondisi barang saya sudah sampai mana?

4. Apa yang terjadi jika saya salah memasukan alamat iPOST saya?

  • Barang anda akan dikirimkan ke alamat yang tidak benar, kami bisa membantu untuk melacak barang tersebut, tetapi tidak menjamin kondisi barang tersebut. Maka sebelum memasukan alamat iPOST anda ke e-commerce luar negeri, harus di tinjau kembali

5. Bagaimana apabila barang yang sampai ke alamat tujuan ternyata tidak cocok / rusak?

  • Pihak iPOST adalah perusahaan logistik yang membantu customer untuk mengirimkan barang dari negara luar ke indonesia, apabila terjadi ketidak cocokan / kerusakan yang bukan dari akibat pihak iPOST, maka kami tidak bertanggung jawab atas hal tersebut

6. Dokumen apa saja yang perlu disiapkan untuk mengirim barang?

  • Untuk pengiriman di bawah 1cbm tidak diperlukan dokumen apa-apa

7. Barang apa saja yang tidak bisa dikirimkan?

  • Alkohol, Senapan, Airsoft gun, Pedang, Hewan, tumbuhan, baterai >20.000Mah, Air bag, Barang yang mudah terbakar dam makanan basah / fresh.

8. Apakah transaksi di iPOST aman dan terpercaya?

  • iPOST merupakan perusahaan yang terdaftar resmi di indonesia sebagai sebuah PT yang bernama PT. Infotech and Communications Solutions, setiap transaksi di kita juga menggunakan nama perusahaan, bukan pribadi.

9. Apa yang terjadi jika barang saya tertahan di Pihak berwenang?

  • Selama barang yang kamu ingin kirim sudah mengikuti ketentuan import/export dan juga terbuka dalam mendeklarasi kategori barang kepada pihak iPOST, barang tersebut tidak akan tertahan di airport. Kami sarankan untuk mengkonsultasikan ke Customer service kami apabila merasa ragu dengan perizinan barang yang akan anda kirim.

10. Bolehkah saya memakai alamat yang di berikan iPOST untuk kegiatan lain seperti kartu kredit / surat kabar?

  • Alamat yang kami berikan hanya untuk di gunakan sebagai alamat pengiriman barang ke negara indonesia, kami tidak bertanggung jawab atas segala barang yang di kirimkan ke alamat kami tanpa konfirmasi dengan pihak iPOST

11. Bisakah saya mentransfer paket yang sudah diproses di akun A ke akun B lainnya?

  • Tidak, segala transaksi yang terjadi di iPOST telah di proses berdasarkan nomor resi dan akun masing-masing, apabila anda mengalami kendala dalam login ke akun anda, silakan hubungin CS kami.

12. Saya lupa password akun saya, bagaimana?

  • Anda dapat mencari solusi nya di bagian akun anda atau anda juga bisa menghubungin CS kami

13. Bagaimana bila penjual luar negeri salah mengirim barang atau quantity nya tidak sesuai?

  • Pihak iPOST selaku pihak ke-3 yang membantu menyediakan layanan pengiriman dari luar negeri ke indonesia, apabila terjadi kesalahan pengiriman yang di sebabkan oleh pihak penjual, maka akan menjadi tanggung jawab penjual. Maka sebaiknya di pastikan kembali kuantiti dan kategori barang sebelum melakukan pemesanan terhadap penjual luar negeri

14. Apa keuntungan saya jika memakai jasa iPOST?

  • Keuntungan memakai jasa pengiriman iPOST adalah Anda bisa mendapatkan barang luar negeri yang tidak tersedia di indonesia. Anda bisa mendapatkan barang luar negeri yang tidak di kirimkan ke indonesia. Mendapatkan ongkos kirim yang murah, cepat dan efektif di bandingkan dengan jasa pengirim yang lain

15. Alamat apa yang perlu saya input ketika belanja di website luar negeri?

  • Anda seharusnya memasukan alamat personal yang di berikan oleh Pihak iPOST ke website luar negeri tsb. Setiap individu yang terdaftar di iPOST akan diberikan alamat khusus untuk menampung barang belanjaan anda. Seperti gudang pribadi anda sendiri

16. Apakah iPOST memberikan garansi kepada semua barang yang dikirimkan adalah original dan otentik?

  • Pihak iPOST tidak memberikan garansi original maupun otentik kepada semua barang yang dikirimkan, dikarenakan barang tsb berasal dari pihak penjual dan iPOST selaku pihak ke-3 yang membantu penanganan pengiriman ke Indonesia

17. Bagaimana jika barang saya rusak ketika di perjalanan?

  • Pihak iPOST memberikan fasilitas tambahan berupa proteksi, apabila paket terdeteksi benar rusak diakibatkan oleh pihak iPOST, maka kami akan menganti rugi maksimal 10x lipat daripada ongkir pengiriman
logo Ipost bigbnw

Tentang Kami

Tentang Kami

© 2021 iPOST. Powered by ELSOFT.ID